in

Tips Diet Keto Untuk Pemula, Terbukti Berhasil

Ini dia tips diet keto untuk pemula, cocok untuk anda agar langsing dan sehat

Tips diet keto untuk pemula
Tips diet keto untuk pemula
Memiliki berat badan yang ideal diinginkan oleh semua wanita, selain untuk menjaga penampilan juga penting untuk kesehatan tubuh. Dengan menjaga berat badan, risiko mengalami penyakit kronis bisa dihindari mulai dari penyakit darah tinggi, diabetes, jantung, bahkan risiko kanker. Ini yang membuat orang terutama wanita berusaha untuk menurunkan dan selalu menjaga berat badan tetap ideal.
Salah satu cara yang sering dilakukan adalah dengan melakukan diet. Banyak sekali jenis-jenis diet yang bisa dicoba di rumah, salah satunya adalah diet keto. Diet keto cukup populer di Indonesia beberapa tahun terakhir. Bahkan telah banyak orang yang berhasil menurunkan berat badannya dengan Diet Keto. Tapi ngga hanya itu saja manfaatnya dari diet keto, tapi jika ingin berhasil diet keto yang dilakukan harus memiliki tahapan yang benar.
Diet Keto, Makanan diet keto, Manfaat diet keto, Tips diet keto

Apa itu sebenarnya Diet Keto?

Diet keto sudah ada sejak dahulu kala, bahkan hampir 100 tahun yang lalu sudah ada. Bahkan diet keto sangat disarankan buat anak penderita epilepsi serta yang kebal dengan obat. Ini dikarenakan diet keto, akan membantu mengurangi kejang pada anak. Diet keto juga disarankan untuk penderita diabetes tipe 2 karena terbukti ampuh mengontrol kadar gula darah.
Bahkan popularitas diet keto dapat meningkat dengan cepat akhir-akhir ini. Dikarena diet keto memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda, seperti :
  1. Diet keto mamp menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Bahkan ada beberapa penelitian yang menyatakan jika diet keto mampu menurunkan berat badan lebih banyak daripada diet rendah lemak atau diet rendah kalori.
  2. Diet keto akan membuat Anda merasa kenyang jangka panjang, padahal hanya mendapatkan sedikit asupan kalori.
  3. Diet keto terbukti ampuh menjag kadar gula darah tetap stabil, sehingga energi tubuh akan tetap stabil.
  4. Diet keto juga mampu membantu mengontrol kolestrol HDL serta tingkat trigliserida dalam darah.

Berbagai manfaat inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mencoba diet keto. Tapi sebelum mencobanya, Anda harus memahami banyak hal, mulai dari menu diet yang cocok, tahapan diet dan masih banyak lainnya seperti berikut.

Tips Diet Keto Untuk Pemula, Terbukti Berhasil

Menu Diet Keto Untuk Pemula

Diet keto menyarankan agar seseorang yang melakukan diet ini lebih sering menyantap makan-makanan tinggi protein, lemak yang baik, serta nutrisi yang tinggi. Sehingga seseorang yang melakukan diet ketogenik perlu mengurangi makanan tinggi gula dan karbonhidrat seperti nasi putih yang sering banget dikonsumsi oleh orang Indonesia setiap harinya

Mengurangi makanan yang tinggi karbohidrat inilah yang disebut sebagai fase ketosis. Asupan karbohidrat memang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh buat menghasilkan tenaga, didalam diet ini akan diganti oleh makanan tinggi lemak baik dan protein. Sehingga saat makanan diproses, tubuh tidak memproduksi gula darah untuk sumber energi utama. Tapi justru akan memproses lemak baik sebagai sumber energi.

Jika biasanha konsumsi lemak baik dibatasi hanya 20 – 30 % untuk setiap harinya. Dalam diet keto, konsumsi lemak ditingkatkan hingga 60 – 70% dari biasanya. Sedangkan kebutuhan asupan karbonhidrat justru dikurangi sampai 5% dari biasanya. Untuk menggantikan karbohidrat, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang  tinggi protein.

Tips Diet Keto Untuk Pemula, Terbukti Berhasil

Daftar makanan yang dapat dikonsumsi saat Diet Keto

Sesuai namanya, dalam diet keto harus lebih sering mengonsumsi makanan tinggi lemak baik dan tinggi protein. Sehingga ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi, dan sebaiknya dihindari. Berikut beberapa daftar makanan yang dapat dikonsumsi saat menjalankan diet keto.

– Ayam, daging merah, bacon, kalkun
– Ikan mackarel, salmon, sarden, tuna
– Berbagai jenis keju yang tidak diolah
– Buah stroberi dan alpukat
– Berbagai jenis kacang seperti almond, kenari, chia seed dan beragam kacang-kacangan lainnya.
– Berbagai jenis sayur hijau seperti paprika, tomat, bawang, dan masih banyak lainnya
– Cream, mentega, yoghurt serta susu full fat
– Dark chocolate 90%
– Untuk bumbu yang boleh digunakan, Anda dapat memakai garam dan merica serta bumbu sehat lainnya

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

Daftar Makanan yang Harus Dihindari dalam Diet Keto

Jika sudah mengetahui makanan yang dapat dikonsumsi untuk setiap harinya. Anda harus mengetahui beberapa makanan yang harus dihindari seperti berikut.

– Makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti permen, es krim, soda, minuman kaleng, jus buah instan.
– Semua jenis buah kecuali buah stroberi dan alpukat.
– Biji-bijian atau produk yang mengandung biji-bijian seperti sereal, gandum, pasta, nasi, dan masih banyak lainnya
– Berbagai kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang panjang buncis, dan masih banyak lainnya
– Umbi-umbian seperti kentang, wortel, ubi jalar dan masih banyak lainnyam
– Produk dengan rendah lemak tapi tinggi karbohidrat
– Membatasi pemakaian minyak nabati, mayones, dan masih banyak lainnya
– Makanan yang tinggi akan gula buatan.
– Minuman beralkohol.

Tips Diet Keto Untuk Pemula, Terbukti Berhasil

Tahapan Diet Keto

Jika Anda ingin sukses saat melakukan diet keto ini, tentunya harus paham akan tahapan yang harus dilalui. Berikut beberapa tahapan diet keto yang  harus diketahui agar bisa sukses mencapai tujuan dengan diet keto.

Tahap Induksi

Tahap induksi merupakan tahapan untuk membuat tubuh bisa sampai dalam kondisi ketosis. Proses ini akan membuat tubuh beradaptasi dan memakai lemak menjadi sumber energi. Pada tahapan ini, Anda harus mengurangi karbohidrat serta hewani, seperti daging ayam,  telur, dan ikan, sampai 10 gram per harinya.
Anda harus puasa selama 16 hingga 18 jam tapi tetap menjaga asupan air serta minuman haruslah bebas kalori. Tahap induksi akan berlangsung selama 2 – 3 hari.

Tahap Konsolidasi

Tahap konsolidadi merupakan tahapan dimana orang yang melakuka  diet keto boleh untuk mengonsumsi sumber protein nabati dan sayuran. Tapi tidak disarankan buat mengonsumsi seperti buah-buahan pada tahapan ini. Jika saat melakukan tahap ini, dengan mengonsumsi sayuran membuat gula darah lebih dari 90 mg/dl. Ini berarti Anda harus kembali melakukan tahapan induksi lagi. Biasanya tahapan konsolidasi akan membutuhkan waktu selama 1 minggu sampai dengan 1 bulan.

Tahap Pemeliharaan

Saat memasuki tahapan pemeliharaan, tubuhmu sudah terbiasa membakar lemak menjadi sumber energi. Tahapan ini juga sudah memperbolehkanmu untuk mengonsumsi buah-buahan. Tapi tetap asupan karbohidrat perlu dibatasi maksimal 20 gram per harinya. Saat menjalani diet keto, rutinlah untuk mengecek gula darah, pastikan kadar gula darah tidak melebihi 90 mg/dl. Sedangkan untuk nutrisi yang dalam tahapan ini harus 75% lemak, 25% protein serta 10% karbohidrat.
Diet Keto, Makanan diet keto, Manfaat diet keto, Tips diet keto

Perhatikan hal-hal ini selama menjalani diet keto

Jika ingin diet keto yang dijanlankan sukses dan optimal serta tanpa efek samping. Ada beberapa hal yang harus diketahui saat menjalankannya seperti berikut.

1. Disiplin

Hal yang harus diperhatikan saat menjalankan diet apapun termasuk diet keto, Anda harus disiplin saat menjalankannya. Anda harus disiplin menghindari segala makanan yang mengandung karbohidrat serta gula seperti mie, kentang, dll. Hal ini harus dilakukan dengan disiplin selama diet keto agar bisa mencapai kondisi ketosis.
Kalau Anda tidak disiplin dan tetap mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, Anda tidak akan pernah mencapai kondisi ketosis. Sehingga lemak didalam tubuh tidak bisa dibakar dengan baik sebagai energi. Sehingga, diet tidak bisa sukses.

2. Siap menghadapi flu keto

Dalam 7 – 10 hari pertama saat sedang melakukan diet keto, Anda akan merasa lesu, lemas, tidak bergairah bahkan sakit kepala. Efek samping ini yangvsering disebutkan sebagai flu keto. Ini dikarenakan selama periode ini, tubuh sedang menyesuaikan diri karena tidak memberikan asupan karbohidrat pada tubuh.
Tubuh juga sedang melakukan transisi dan membuat tubuh membakar lemak menjadi sumber energi. Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena kondisi ini biasa terjadi selama diet keto. Karena kondisi ini akan hilang setelah tubuh telah terbiasa.
Tips Diet Keto Untuk Pemula, Terbukti Berhasil

3. Meningkatkan asupan cairan dan mineral dalam tubuh

Saat kondisi tubuh sudah dalam tahap ketosis, ginjal jadi lebih banyak mengeluarkan cairan dan elektrolit. Sehingga selama melakukan diet keto, Anda harus mendapatkan asupan potasium dan sodium yang cukup.

4. Selalu memperhatikan kondisi tubuh

Diet keto sangat tidak disarankan bagi orang yang tidak mampu mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Seperti orang penderita tekanan darah, memiliki penyakit diabetes, kolesterol tinggi, memiliki riwayat masalah batu empedu, kantung empedu, atau masalah kesehatan lain. Untuk itulah, sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter lebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan diet keto.
Diet keto tidak disarankan untuk dilakukan secara terus menerus. Ini dikarenakan diet keto merupakan diet untuk jangka pendek. Jika Anda sudah menggapai target berat badan yang ideal, Anda bisa menghentikan diet ini dan lanjutkan dengan pola makan sehat yang tinggi serat.
Itulah beberapa hal tentang diet keto yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Written by Vanny Larissa

Bila Anda berkulit kering, maka Anda wajib untuk mencoba produk-produk ini karena bisa menghidrasi kulit Anda secara sempurna!

Ini Dia Rekomendasi Skin Care untuk Kulit Kering

Trend Diet 2020

Ingin langsing? Yuk simak trend diet 2020