in

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!

Merasa gagal dengan diet Anda yang rasanya tak kunjung berakhir? Tenang saja, coba ikuti langkah-langkah ini dan lihat hasilnya!

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: healthline.com)

Melihat angka timbangan yang tak kunjung turun-turun sepertinya terkadang membuat kepala menjadi stress, benarkah demikian? Target untuk mencapai berat badan ideal pun rasanya menjadi semakin sulit untuk diraih. Mungkin juga, terkadang kita malah menjadi putus asa karena impian untuk mendapatkan proporsi tubuh yang sempurna tidak kunjung kita dapatkan.

Padahal, Anda mungkin sudah mengerahkan segala daya upaya untuk melakukan diet mati-matian, berikut pula dengan olahraga secara teratur. Tetapi… hmm, tetap saja hasil tidak kunjung sepadan dengan usaha dan ekspektasi!

Mari kita mengingat-ingat sejenak, apakah kira-kira Anda sudah mengusahakan upaya penurunan berat badan Anda dengan efektif? Apakah semuanya sudah Anda lakukan secara benar dan tidak menyiksa diri Anda sendiri? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu sebaiknya Anda coba tanyakan kepada diri sendiri, sebagai tolak ukur evaluasi program diet Anda tersebut.

Berbicara tentang cara menurunkan berat badan yang efektif, memangnya bagaimana sih caranya? Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut dengan mudah. Cobalah dan dapatkan hasilnya!

Kunci pertama: kurangi jumlah kalori dan kurangi jumlah gula yang dikonsumsi

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: myupdatestudio.com)

Sarapan pagi… pizza dengan milkshake cokelat, makan siang dengan semangkuk bakso mozarella dan teh manis. Di sore hari asik cemal-cemil corndog dengan thai tea super manis yang dingin. Makan malam, dengan spaghetti, steak, dan jus alpukat. Pas tengah malam… eh, lapar lagi deh. Alhasil, pesan saja paket McD dan dessert-dessertnya, hm, yummy!

Coba hitung-hitung kalori di atas, apakah kira-kira melebihi total asupan kalori yang seharusnya Anda konsumsi? Coba pula hitung-hitung kadar gulanya, apakah terlalu banyak?

Sayangnya, dilihat dari menu makanannya, sepertinya jawaban yang tepat untuk menjawab kedua pertanyaan itu adalah ‘ya’. Satu slice pizza ukuran sedang kira-kira mempunyai jumlah kalori 600 kkal, segelas milkshake cokelat bisa berkalori 300 kkal, satu buah corndog bisa mempunyai kalori 400 kkal, thai tea, spaghetti, dan lain-lain… wow, sudah berapa ribu kalori yang Anda konsumsi dalam sehari?

Cobalah untuk mengganti menu makanan Anda dengan makanan yang mengandung lebih banyak serat dan sedikit gula. Gula bisa merangsang rasa lapar Anda lebih cepat sehingga mendorong Anda untuk makan lagi walaupun sudah kenyang. Anda bisa mengganti menu sarapan Anda dengan roti gandum dan susu kedelai, menu makan siang dengan nasi merah, sayur, dan dada ayam panggang. Untuk camilan sore, Anda bisa menggantinya dengan segenggam buah beri ataupun smoothies bikinan sendiri. Dan untuk makan malam, gantilah dengan ubi rebus dengan brokoli. Selain kaya akan serat yang mampu membuat Anda kenyang lebih lama, menu makanan sehat tersebut mampu memberikan energi yang cukup untuk Anda beraktivitas, jadi nggak perlu kelaparan saat diet lagi, deh!

Kunci kedua: jangan terlalu keras pada diri sendiri

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: makeyourbodywork.com)

Ya… memang, sih. Namanya juga diet, pasti harus berkorban untuk menahan lapar dan menahan makan makanan yang berlemak dan mengandung banyak gula. Sayangnya, banyak sekali orang-orang yang sedang berdiet yang mengabaikan ‘makanan dosa’ mereka saat melakukan diet. Padahal, nggak ada salahnya lho, untuk memanjakan diri sendiri!

Misal dalam seminggu, Anda berdiet selama 6 hari. Di akhir pekan, Anda boleh menikmati setidaknya satu atau dua jenis ‘makanan dosa’ Anda. Tujuannya, agar Anda tidak mengalami craving terlalu berat yang akhirnya malah bisa menggagalkan diet Anda dalam jangka waktu panjang. Membiarkan diri Anda craving terlalu sering bisa memicu Anda untuk membalas dendam pada waktu Anda sudah kelelahan berdiet.

Kunci ketiga: olahraga jangan cuma asal durasi

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: shutterstock.com)

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa olahraga untuk menurunkan berat badan sangat tergantung dengan berapa lama kita berolahraga. Memang tidak salah sih, tapi… ada yang kurang tepat. Terlalu memerhatikan durasi olahraga tanpa mementingkan intensitas Anda dalam berolahraga, justru malah tidak terlalu membuat pembuangan kalori Anda maksimal.

Sebaiknya, Anda mengombinasikan olahraga kardiovaskuler dengan olahraga angkat beban. Durasinya dalam sehari tidak usah terlalu lama, cukup 30-45 menit saja asalkan dilakukan dengan intens. Sebab, kombinasi dari kedua jenis olahraga ini akan memaksimalkan pengeluaran kalori Anda, sehingga lemak-lemak dalam tubuh Anda pun akan lebih mudah terbuang.

Kunci keempat: bagi porsi makanan besar dalam porsi-porsi kecil, tetapi sering

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: cookinglight.com)

Mungkin banyak dari Anda yang sudah mendengar tentang nasihat diet yang satu ini, tetapi untuk mengingatkan saja, tips yang satu ini bersifat optional. Artinya, tips ini tergantung dari bagaimana tipe Anda saat mengonsumsi makanan. Bila Anda merasa bahwa membagi porsi makanan menjadi porsi-porsi kecil yang bisa Anda konsumsi dalam 5-6 kali sehari lebih efektif, cara ini sangatlah berguna untuk Anda.

Akan tetapi, bila Anda merasa frekuensi makan yang lebih sering malah menggagalkan diet Anda, lebih baik Anda mengikuti trik makan tiga kali hari seperti biasa. Akan tetapi, porsinya benar-benar harus dibatasi supaya tidak melebihi jumlah kalori yang harus Anda konsumsi saat sedang berdiet.

Kunci kelima: tidur cukup 6-8 jam sehari, jangan sering begadang

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: medicalnewstoday.com)

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan pola tidur yang cukup, teratur, dan sehat. Untuk umur dewasa, tidur selama 6-8 jam sehari sudahlah cukup dan mampu memulihkan keadaan tubuh Anda yang lelah. Kekurangan tidur justru malah bisa membuat tubuh Anda kelelahan dan melemahkan metabolisme, sehingga tubuh Anda tidak dapat membuang kalori dengan optimal.

Oleh karena itu, mulai sekarang sebaiknya Anda lebih memerhatikan jadwal tidur Anda, ya! Jangan sering-sering begadang mengerjakan segala pekerjaan, apalagi bila disambil dengan ngemil tinggi kalori. Bila Anda terpaksa begadang dan kelaparan, Anda bisa mengonsumsi cheat meal berupa sebuah apel ataupun sereal yang kaya serat.

Kunci keenam: miliki pikiran yang tenang dan positif

Mau Tahu Cara Menurunkan Berat Badan yang Efektif? Ini Dia!
(foto: mindful.org)

Walaupun segala aktivitas fisik yang berat sudah Anda lakukan, mulai dari jogging, basket, berenang, tinju, dan segala macam… Anda masih punya pe-er yang satu lagi, yaitu bermeditasi! Bermeditasi mampu membuat pikiran dan hati Anda menjadi lebih tenang dan rileks. Pikiran yang positif dan lancar mampu membuat Anda bertahan untuk tetap melanjutkan diet Anda dengan baik.

Mungkin terdengar sepele, akan tetapi dengan mempunyai pikiran yang jauh dari hal-hal negatif, justru akan mempercepat penurunan berat badan Anda. Hal ini berkaitan pula dengan sirkulasi darah Anda yang lebih lancar sekaligus mempercepat metabolisme. Apabila metabolisme Anda lebih cepat, otomatis pembakaran kalori Anda lebih berjalan maksimal. Hmm.. siapa juga yang tidak mau mempunyai hati tenang tetapi tubuh juga semakin langsing?

Nah, itu dia sejumlah langkah yang bisa Anda terapkan untuk mempercepat proses penurunan berat badan Anda. Memang mungkin terlihat simpel dan sederhana, akan tetapi percayalah, tips-tips di atas adalah tips-tips fundamental supaya Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat, sehat, dan tentunya tanpa menyiksa diri Anda sendiri. Yang terpenting, janganlah mencoba untuk mengonsumsi obat-obat penurun berat badan, karena ada banyak resiko yang mesti Anda tanggung di masa depan. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Written by Rhania

Ilustrasi Botox dan Filler Wajah

Wajib Tahu, Ini Fakta di Balik Suntik Botox dan Filler

Coba Cara Make Up Pengantin Sendiri Ini, Simpel!

Coba Cara Make Up Pengantin Sendiri Ini, Simpel!