in

Manfaat Kolagen Untuk Kecantikan Alami yang Jarang Diketahui

Mau cantik alami? Kolagen sangat penting loh untuk kecantikan kulit.

Manfaat kolagen
Manfaat Kolagen

Kolagen mengacu pada keluarga protein yang merupakan komponen struktural utama dari jaringan ikat, seperti kulit dan tulang rawan, menurut Universitas Yale.

Zat ini membentuk sekitar sepertiga dari semua protein dalam tubuh manusia, lebih dari jenis protein lain dalam tubuh secara massal. Ada 28 jenis kolagen, masing-masing jenis dikategorikan berdasarkan komposisi asam amino. Sekitar 90% dari kolagen dalam tubuh adalah tipe 1, yang ditemukan di kulit, tendon, organ internal dan bagian organik tulang, menurut Healthline. Sebagian besar sisa kolagen untuk kecantikan dalam tubuh terdiri dari jenis-jenis berikut:

Tipe 2: Ditemukan di tulang rawan.
Tipe 3: Ditemukan di sumsum tulang dan jaringan limfoid.
Tipe 4: Ditemukan di membran bawah tanah (lembaran kolagen tipis yang mengelilingi sebagian besar jenis jaringan).
Tipe 5: Ditemukan di rambut dan permukaan sel.

Manfaat kolagen, pengertian kolagen, kolagen, kolagen untuk kecantikan, perawatan kolagen
(Foto : Freepik.com)

Darimana datangnya kolagen?

Pengertian kolagen : Tubuh secara alami membuat kolagen sendiri dengan memecah protein makanan menjadi asam amino. Asam amino inilah yang membangun berbagai jenis protein dalam tubuh, termasuk kolagen, menurut beberapa ahli dalam kolagen.

Makanan sebagai suplemen kolagen alami

Anda mendapatkan bahan penyusun khusus untuk kolagen dengan mengonsumsi suplemen kolagen atau makanan seimbang yang kaya protein (ayam, sapi, telur, susu, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian, misalnya) dan berbagai produk segar, menurut Cleveland Clinic. Diet tinggi sayuran dan buah segar memiliki manfaat tambahan dengan menyediakan antioksidan, yang melindungi tubuh dari stres oksidatif yang dapat menurunkan kolagen.

Faktor yang menurunkan produksi kolagen

Kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen menurun secara alami seiring bertambahnya usia, katanya, tetapi kelebihan paparan sinar matahari, merokok dan pola makan yang buruk juga dapat menghambat produksi kolagen.

Seorang wanita menuangkan saus di atas salad yang akan dia makan. Diet sehat memberi tubuh Anda semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kolagen.

Perawatan kolagen dalam dunia medis

Perawatan kolagen untuk perawatan medis
Artritis menyebabkan kolagen pada persendian rusak lebih cepat daripada yang dapat diisi ulang, yang menyebabkan nyeri persendian dan mobilitas menurun. Para ilmuwan telah bereksperimen dengan pemberian kolagen untuk mengobati radang sendi sejak 1980-an, kata Brooke Russell, seorang ahli mikrobiologi dan profesor di Institut Biosains dan Teknologi Texas A&M di Houston. Tetapi metode ini tidak selalu terbukti efektif, katanya.

Tangan rematik. Suplemen kolagen telah terbukti membantu pasien dengan osteoartritis dalam sejumlah kecil uji klinis, tetapi kolagen tampaknya tidak lebih efektif daripada obat terkemuka untuk mengobati rheumatoid arthritis.

Beberapa studi menyatakan bahwa suplemen kolagen oral membantu meringankan rasa sakit bagi pasien dengan osteoarthritis, tetapi kolagen tidak lebih efektif daripada pengobatan obat terkemuka yang ada untuk rheumatoid arthritis. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Nutrition Journal juga menemukan bahwa suplemen kolagen membantu menghilangkan rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis.

Manfaat kolagen, pengertian kolagen, kolagen, kolagen untuk kecantikan, perawatan kolagen, suplemen kolagen
(Foto : Freepik.com)

Namun, kolagen tidak akan mulai tumbuh kembali untuk sepenuhnya membalikkan artritis, bahkan setelah seseorang mengonsumsi suplemen oral, menurut Arthritis Foundation. Di sisi lain, pembedahan memasukkan kolagen ke dalam sendi rematik dapat terbukti menjadi pengobatan yang menjanjikan untuk radang sendi, menurut sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One.

Perawatan kolagen telah lebih berhasil untuk mengobati luka dan telah digunakan untuk melakukannya selama lebih dari 2.000 tahun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BioMedical Engineering OnLine. Kolagen dioleskan secara topikal, seringkali dengan protein struktural dan antibiotik lain, untuk meningkatkan penyembuhan dan mencegah infeksi.

Misalnya, ulasan tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Biopolymers menjelaskan bagaimana spons atau gel kolagen dapat ditempatkan di atas luka bakar yang parah. Spons memungkinkan kulit untuk mempertahankan lingkungan yang lembab sekaligus melindunginya dari infeksi, dan kolagen untuk kecantikan bertindak sebagai perancah untuk regenerasi sel dan produksi kolagen baru.

Seorang wanita meletakkan lotion di wajahnya di depan cermin. Para ahli merekomendasikan makan makanan yang sehat dan menggunakan tabir surya dan pelembab setiap hari, daripada mengambil suplemen kolagen.

Manfaat kolagen, pengertian kolagen, kolagen, kolagen untuk kecantikan, perawatan kolagen, suplemen kolagen
(Foto : Freepik.com)

Haruskah Anda mengonsumsi suplemen kolagen?

Kolagen adalah bahan populer dalam suplemen oral dan krim topikal, tetapi ada sedikit ilmu untuk mendukung efektivitas perawatan tersebut. Beberapa suplemen kolagen mengklaim bahwa mereka dapat meningkatkan kesehatan kulit, meredakan nyeri sendi, mencegah keropos tulang, meningkatkan massa otot, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan kekuatan rambut dan kuku, meningkatkan kesehatan usus dan otak, serta membantu penurunan berat badan, menurut Healthline.

Meskipun perawatab kolagen topikal telah terbukti bermanfaat untuk mengobati luka, “di sana

sedikit, jika ada, bukti yang terbukti bahwa mengonsumsi suplemen ini memiliki manfaat medis nyata untuk rambut, kuku atau kulit. Penggunaan tabir surya dan pelembab harian dengan retinoid, retinol, ceramide atau asam salisilat (tergantung pada kebutuhan seseorang) adalah cara yang lebih efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

Banyak orang bersikap skeptis terhadap klaim kesehatan seputar kolagen tambahan. Sains belum sepenuhnya mempelajari semua manfaat yang seharusnya. Selain itu, Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS (FDA) tidak mengatur suplemen kolagen dengan keketatan yang sama seperti obat-obatan, katanya. Ini berarti bahwa produsen suplemen kolagen untuk kecantikan tidak harus membuktikan bahwa suplemen tersebut efektif atau aman sebelum menempatkannya di pasar.

Kolagen dalam banyak suplemen (yang umumnya berasal dari sumber hewani, seperti tulang sapi atau kulit ikan) telah sangat diproses, kata Russell. Ini menghancurkan struktur kolagen dengan memecahnya menjadi peptida, yang merupakan rantai pendek asam amino. Produk yang dihasilkan disebut kolagen terhidrolisis, yang larut dalam air dan karenanya lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam lotion atau lebih mudah kering dan dimasukkan ke dalam tablet.

Ketika mempertimbangkan apakah akan mengambil suplemen kolagen, penting untuk faktor pertama dalam bagaimana diet dan gaya hidup Anda mempengaruhi produksi kolagen dalam tubuh Anda. Menambahkan suplemen ke pola makan dan gaya hidup yang buruk tidak akan memiliki manfaat kesehatan. Fokus pada faktor gaya hidup dan diet seimbang, dan lewati suplemen.

Manfaat kolagen, pengertian kolagen, kolagen, kolagen untuk kecantikan, perawatan kolagen, suplemen kolagen
(Foto : Freepik.com)

Apa cara terbaik untuk menyerap kolagen untuk kecantikan?

Penyerapan bisa menjadi permainan yang sulit, terutama jika menyangkut molekul besar seperti kolagen alami. Peptida yang lebih kecil dapat lebih mudah melewati penghalang usus dan masuk ke aliran darah kita. (Secara teori, inilah yang harus dilakukan oleh semua suplemen yang baik.) Tubuh, secara teori, dapat menggunakan peptida kolagen terserap di area yang paling membutuhkan perbaikan.

Seperti halnya mode, kecantikan dan kesehatan melihat celah dan banyak perusahaan telah melompat pada kereta musik kolagen dengan cukup cepat. Pil, bubuk, krim topikal dan cairan semuanya ada di luar sana, menjanjikan untuk mempercantik kulit Anda dan memperkuat tulang Anda.

Bubuk adalah yang paling populer karena mudah ditambahkan ke smoothie, kopi, atau bahkan air. Dalam hal dosis, Dr. Debra Jaliman, dokter ahli kulit bersertifikat lainnya, merekomendasikan untuk selalu mengikuti petunjuk pada botol karena tidak ada dua suplemen yang dibuat sama.

Adapun krim topikal, Dr. Bowe menjelaskan bahwa karena kolagen diproduksi di tingkat yang lebih dalam dari kulit, yang disebut dermis (yang lebih rendah daripada epidermis), sangat sulit bagi kolagen topikal untuk benar-benar membuatnya di sana.

Hati-hati terhadap produk yang dipasarkan sebagai “kolagen nabati.” Mereka tidak benar-benar mengandung kolagen, dan meskipun mereka mengatakan mereka mendukung produksi kolagen, ilmu pengetahuan tidak ada di sana untuk mendukungnya.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui mengenai kolagen, kolagen sangat penting jika Anda ingin selalu terlihat awet muda. Untuk itulah, sangat penting Anda memahaminya. Mulai dari pengertian kolagen, manfaat kolagen serta cara alami merangsang kolagen dalam tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Written by Vanny Larissa

Coba Produk Peeling Wajah Berikut, Dijamin Cantik!

Coba Produk Peeling Wajah Berikut, Dijamin Cantik!

Parfum

20 Rekomendasi Parfum Mahal Wanita Terbaik Tahun 2020