in

Kurang Percaya Diri Karena Bekas Jerawat? Atasi Saja dengan 11 Bahan Alami Ini!

Ternyata menghilangkan bekas jerawat tidak membutuhkan banyak biaya!

Apakah jerawat yang muncul di wajah Anda sering meninggalkan bekas? Tidak bisa dipungkiri jika kehadiran bekas jerawat sering kali membuat rasa percaya diri berkurang, terutama untuk kaum wanita. Pasti pernah terpikir ingin mengganti wajah karena banyak bekas jerawat, bukan?

Kabar baiknya, mengatasi bekas jerawat tidak selalu membutuhkan banyak biaya. Ternyata banyak bahan alami di sekitar Anda yang ampuh untuk mengatasi bekas jerawat. Tentunya hal ini kabar gembira untuk Anda mengingat bahan alami jauh lebih menyehatkan dan tidak mengandung bahan kimia sama sekali.

Nah berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan bekas jerawat:

Witch hazel

Meskipun namanya masih asing di Indonesia, witch hazel juga ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat pada segala tipe kulit, termasuk kulit normal maupun sensitif. Tingginya kandungan astringen pada witch hazel berfungsi untuk mengurangi peradangan sehingga pigmentasi serta bekas jerawat pun akan segera hilang.

Selain itu, witch hazel juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit sehingga jerawat pun tidak akan datang lagi di kemudian hari. Kabar baiknya, masker witch hazel ini aman untuk digunakan setiap hari, lho!

Baking soda

Siapa sangka jika salah satu bahan kue ini ternyata efektif untuk mengatasi bekas jerawat? Baking soda mampu mengangkat sel kulit mati sehingga wajah terlihat lebih cerah serta menghilangkan bekas jerawat.

Membuat masker baking soda pun mudah, di mana Anda hanya perlu mencampur 2 sendok baking soda dengan air lalu mengaplikasikannya secara merata ke seluruh permukaan wajah. Masker baking soda ini bisa Anda gunakan secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Kentang

Source: Pexels

Bukan hanya enak diolah menjadi berbagai hidangan, kentang juga terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Tentunya rahasia kentang ada pada tingginya kandungan patin yang memang berfungsi untuk menghilangkan bekas pigmentasi sekaligus bekas jerawat.

Untuk membuat masker kentang, pertama-tama Anda perlu merebus kentang tersebut lalu menyaringnya untuk mendapatkan ekstrak patinya. Ekstrak inilah yang akan digunakan menjadi masker tanpa dicampur dengan bahan alami lain.

Setelahnya, Anda perlu menunggu masker kentang ini hingga mengering sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat hingga bersih.

Lidah buaya

Siapa sih yang tidak kenal dengan lidah buaya? Tanaman yang satu ini dikenal punya banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk merawat wajah.

Adanya kandungan anti-peradangan serta anti-bakteri inilah yang membuat lidah buaya bisa menghilangkan bekas jerawat sehingga wajah pun akan terlihat lebih cerah dan halus. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu mengoleskan 1 sampai 2 batang lidah buaya ke bagian wajah yang ada bekas jerawatnya. 

Sama halnya menggunakan masker lidah buaya, gel dari lidah buaya ini perlu ditunggu sampai kering sehingga kulit bisa menyerap sarinya dengan baik. Anda juga bisa membuat masker lidah buaya dan memadukannya dengan tea tree oil yang juga berfungsi untuk mengurangi peradangan. 

Putih telur

Siapa di antara Anda yang suka mengonsumsi putih telur? Selain lezat untuk diolah menjadi berbagai hidangan, putih telur juga mampu menghilangkan bekas jerawat dalam hitungan hari.

Bukan hanya itu, putih telur juga terbukti mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah yang memicu timbulnya jerawat. Anda bisa mencampur putih telur dengan susu almond supaya kelembaban wajah tetap terjaga. 

Masker putih telur ini aman untuk digunakan sebanyak dua kali dalam seminggu.

Tomat

Buah yang dikenal akan warna merahnya ini juga terbukti ampuh mampu menghilangkan bekas jerawat hanya dalam waktu sehari. Kabar baiknya, masker tomat ini aman untuk digunakan pada semua tipe kulit dan kecil resikonya untuk menimbulkan reaksi alergi tertentu. 

Ketika membuat masker tomat, pastikan jika tomat masih segar sehingga kulit bisa menyerap sari tomat dengan maksimal. Anda pun perlu menunggu tomat mengering hingga sempurna sebelum membilasnya dengan air hangat.

Masker tomat ini aman untuk digunakan setiap hari, lho! 

Tea tree oil

Nama tea tree oil pastinya sudah tidak asing lagi untuk Anda yang sering berburu skincare untuk jerawat. Bahan alami satu ini memang terbukti ampuh mengatasi jerawat sekaligus bekasnya hanya dalam hitungan hari.

Rahasia tea tree oil tentunya pada perannya yang bersifat sebagai antimikroba serta anti-inflamasi. Dalam mengaplikasikan tea tree oil sebaiknya dicampur dengan minyak kelapa untuk mengurangi efek peradangan yang hanya akan memperparah kondisi wajah.

Masker tea tree oil ini juga aman digunakan setiap hari, lho!

Kulit jeruk

Source: Pexels

Bukan hanya buahnya saja yang punya banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata kulit jeruk juga punya manfaat untuk kecantikan. Meskipun terlihat sebagai “sampah”, ternyata kulit jeruk mampu mengontrol produksi sebum pada wajah serta memperbaiki sel kulit yang rusak.

Selain itu, kulit jeruk juga mengandung retinol yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati secara maksimal. Hal ini juga yang membuat kulit jeruk mampu mempercepat produksi kolagen sehingga kulit tetap terasa kenyal dan jauh dari penuaan dini.

Untuk membuat masker kulit jeruk, Anda perlu menghaluskan kulitnya terlebih dahulu lalu mencampurnya dengan 1 sendok susu cair. Masker ini hanya perlu dioleskan pada daerah bekas jerawat lalu ditunggu hingga kering sebelum Anda bersihkan dengan air hangat.

Kabar baiknya, masker kulit jeruk ini aman untuk digunakan sebanya dua kali dalam seminggu, lho!

Kunyit

Dikenal sebagai bumbu dapur pokok, kunyit juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat karena sifatnya sebagai anti peradangan. Anda bisa mencampur kunyit dengan lemon untuk hasil yang lebih maksimal karena sifat keduanya yang mampu mengangkat kotoran.

Sebaiknya Anda menggunakan pelembab setelah mengaplikasikan masker kunyit ini untuk meminimalisir kulit menjadi kering. Namun tenang saja karena masker kunyit ini aman digunakan sebanyak dua kali dalam sehari.

Lemon

Lemon adalah bahan alami berikutnya yang bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, lemon juga mempercepat produksi sel kulit baru dan meminimalisir terjadinya pigmentasi kulit yang sama-sama mengganggu penampilan.

Apabila Anda pemilik kulit sensitif, maka sebaiknya mengaplikasikan lemon bersamaan dengan madu untuk meminimalisir resiko alergi yang muncul. Masker lemon ini aman untuk digunakan sebanyak sekali sehari untuk jangka panjang.

Madu

Satu lagi bahan alami yang tidak boleh dilupakan adalah madu. Madu berfungsi sebagai zat antibiotik yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. 

Mengaplikasikan masker madu pun mudah karena Anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain. Akan lebih baik jika Anda bisa mendiamkan masker madu ini semalaman agar kulit bisa menyerap kandungan madu dengan maksimal. Setelah masker madu kering, Anda bisa membersihkannya dengan air hangat supaya tidak ada lagi kotoran yang tertinggal.

Nah pastinya sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara mengatasi bekas jerawat setelah tahu khasiat bahan alami barusan? Yuk segera manfaatkan berbagai bahan alami untuk membuat penampilan lebih menarik!

 

Written by Hapsari Listya

Pria Juga Perlu Perawatan, Simak 11 Pelembab Wajah Pria Terbaik Ini!

12 Lipstik Di Bawah 100 Ribu Ini Kualitasnya Tidak Kalah dengan Lipstik Jutaan Lho!