in

Ingin langsing? Yuk simak trend diet 2020

Banyak pilihan cara diet popular, jangan salah pilih ya, cek trend diet 2020 ini

Trend Diet 2020
Cari Tahu Trend Diet 2020

Untuk Anda yang sedang memenuhi resolusi untuk menurunkan atau menaikan berat badan pada 2020 ini. Jangan khawatir, sudah banyak beragam tips diet yang bisa dicoba sendiri di rumah.

Ada banyak sekali trend diet di tahun 2020, tapi tentu saja tidak semua aman dilakukan setiap orang. Bahkan para ahli gizi di seluruh dunia tidak ada metode diet paling baik dan paling buruk. Karena semua ada kelebihan dan kekurangan dari trend diet.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

Tren diet 2020, manfaat dan kekurangannya

Ada banyak sekali trend diet yang bisa dicoba, tentu saja akan sedikit membingungkan. Sehingga cukup sulit untuk memilih metode diet mana yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh. Karena semua diet memiliki kelebihan dan kekurangan serta tidak semua akan cocok saat melalukan diet tersebut. Berikut beberapa trend diet 2020 serta manfaat dan kekurangannya.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

1. Diet ketogenik

Diet ketogenik adalah diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak. Tujuan dari diet ini adalah untuk mempertahankan keadaan ketosis, yang berarti dengan makan lebih sedikit karbohidrat, sistem pembakaran tubuh akan bergantung terutama pada lemak daripada gula sebagai sumber energi

Konsep ini sebenarnya bukan hal yang baru. “Ada banyak penelitian, yang menyatakan bahwa diet ketogenik membantu dengan kondisi neurologis tertentu seperti epilepsi pada anak-anak. Tapi diet keto ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.”

Manfaat diet keto

Jika tujuan melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan Anda lebih cepat, diet ketogenik mungkin dapat membantu Anda mencapai hasil tersebut. Diet ini terbukti sangat efektif untuk menurunkan berat badan jangka pendek, bahkan lebih efektif dari diet rendah lemak.

Manfaat tambahan dari diet keto adalah mencegah beberapa jenis penyakit kronis. Mulai dari penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis dan bahkan kanker otak. Tapi masih belum ada penelitian yang menyatakan bahwa diet ini merupakan diet terbaik untyk mencegah penyakit tersebut

Kekurangan diet keto

Beberapa ahli kesehatan percaya bahwa makanan tinggi lemak dan protein dari sumber hewani dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu.

Padahal saat melakukab diet ketogenik, Anda akan memakan makanan tinggi lemak dan protein. Tentu saja itu bertentangan dengan apa yang selama ini dipikir sehat. Dan kita belum tahu efek dari diet ini pada orang dengan penyakit hati, ginjal dan jantung.

Diet ini juga tergolong sangat ketat, sehingga diet ini tergolong ekstrem, karena diharuskan untuk menghilangkan hampir semua karbohidrat. Bahkan Anda harus membatasi makanan sehat seperti buah, biji-bijian dan beberapa sayuran.

Diet rendah karbohidrat juga seringkali dikaitkan dengan efek samping lebih banyak daripada diet rendah lemak, termasuk sakit kepala, kelelahan dan bau mulut.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

2. Diet intermiten fasting (pembatasan makan)

Intermiten fasting adalah istilah untuk pola makan yang siklus antara periode makan sangat sedikit atau tidak sama sekali, dan makan seperti biasanya

Saat melakukan diet ini, orang akan berpuasa selama 16 jam sehari dan kemudian memakan semua makanan mereka dalam rentang waktu delapan jam. Lalu ada tahapan lainnya yang mengharuskan untuk berpuasa 24 jam dalam satu waktu, bahkan bisa dua kali seminggu. Diet ini tidak terlalu spesifik terhadapa makanan mana yang harus dimakan, tetapi kapan Anda mengatur waktu pola makan.

Manfaat intermiten fasting

Diet intermiten fasting disarankan untuk orang-orang dengan jadwal sibuk karena tidak benar-benar memerlukan perencanaan. Anda juga tidak perlu banyam memasak makanan, karena Anda tidak makan banyak. Ini juga akan membuat Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori tanpa perlu memikirkan apa yang Anda makan

Kekurangannya intermiten fasting

Diet intermiten menjadi salah satu diet yang berada diurutan bawah dalam daftar. Karena ada beberapa hal yang sebenarnya tidak dianjurkan. Bahkan tidak adanya panduan tentang apa yang harus dimakan selama hari-hari selama tidak berpuasa. Sehingga orang-yang melakukan diet ini bisa saja makan makanan tidak sehat.

Karena tidak adanya informasi tentang makanan yang seharusnya Anda hindari. Diet ini juga tidak dianjurkan untuk penderita diabetes karena puasa dapat menyebabkan gula darah rendah yang mungkin memerlukan penyesuaian obat. Orang yang memiliki riwayat gangguan makan juga harus menghindari diet ini.

Dan melalukan diet ini untuk jangka panjang juga bisa menjadi masalah. Mengonsumsi makanan sembarangan dan mengurangi makanan tinggi karbohidrat sama sekali bukan strategi lanjutan yang dianjurkan.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

3. Diet Whole30

Diet Whole30 adalah diet komersial yang diperkenalkan sebagai “pengaturan nutrisi selama 30 hari.” Selama 30 hari itu, Anda harus menghindari gula, alkohol, biji-bijian, kacang-kacangan dan susu. Makanan memang memungkinkan daging, makanan laut, telur, sayuran, buah, dan lemak alami seperti minyak nabati, minyak kelapa dan kacang-kacangan pohon.

Manfaat diet whole 30

Yang menyenangkan adalah Whole30 sangat bermanfaat bagi orang-orang agar menjadi diri yang lebih bertanggung jawab. Diet ini juga tidak memiliki penghitungan atau pembatasan kalori.

Kekurangan diet whole30

Diet Whole30 menyatakan bahwa itu dapat meningkatkan atau bahkan menyembuhkan banyak masalah kesehatan, seperti asma, depresi dan penyakit Lyme. Tetapi pernyataan ini masih tidak berdasar, karena beluma ada penelitian yang memverifikasi hal ini.

Diet ini juga merupakan diet sementara karena hanya dianjurkan berlangsung selama 30 hari saja. Ditambah lagi, dibutuhkan banyak perencanaan untuk melakukan diet ini.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

4. Diet Low-FODMAP

Beberapa orang sensitif terhadap karbohidrat tertentu karena makanan ini akan kurang terserap di usus dan dapat menyebabkan kembung. Karbohidrat ini lebih dikenal sebagai oligo, di, monosakarida, dan poliol yang dapat difermentasi atau sering disebut sebagai FODMAP yang ditemukan dalam biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan produk susu tertentu.

Diet rendah FODMAP sering direkomendasikan untuk orang dengan sindrom iritasi usus besar (IBS), gangguan umum yang menyebabkan gejala seperti kram, sakit perut, kembung, gas, dan diare atau sembelit.

Manfaat diet Low-FODMAP

Saat seseorang mengalami gejala IBS, sangat dianjurkan untuk melakukan diet rendah FODMAP. Bahkan sudah banyak pasien dengan IBS yang telah melakukan diet ini dengan sangat baik. Bahkan jika mereka disiplin mengikutinya, akan ada peningkatan besar dan bahkan bisa menyembuhkan.

Kekurangannya diet Low-FODMAP

Diet rendah FODMAP bukanlah diet penurunan berat badan. Ini hanya ditunjukan untuk penderita IBS. Jadi penelitian belum menunjukkan manfaat bagi orang yang tidak memiliki IBS.”

Ini juga tidak mudah diikuti karena daftar makanan rendah FODMAP tidak intuitif. Misalnya, brokoli adalah makanan rendah FODMAP, dan kembang kol adalah makanan FODMAP tinggi. Jadi, Anda harus memiliki daftar makanan setiap saat.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

5. Diet DASH

Diet DASH dirancang untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kepanjangan dari nama ini adalah Dietary Approaches to Stop Hypertension. Ini adalah diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan produk susu rendah lemak, dan rendah makanan ringan, permen, daging, dan lemak jenuh dan total.

DASH juga menekankan pembatasan asupan garam. Tidak boleh lebih dari 2.300 mg garam sehari, tetapi pada akhirnya Anda harus berusaha untuk tetap di bawah 1.500 mg setiap harinya

Manfaat diet DASH

Diet DASH adalah diet rendah sodium telah terbukti menurunkan tekanan darah. Ini juga dilaporkan menurunkan kolesterol LDL (“buruk”), dan mungkin menurunkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Ada juga banyak sekali panduan diet berbasis DASH yang bisa dengan mudah diakses secara online. Anda harus mematuhi diet ini jika ingin berhasil

Kekurangannya diet DASH

Meskipun diet DASH tidak dikembangkan secara khusus sebagai diet penurunan berat badan, ini dapat menyebabkan beberapa penurunan berat badan. Dan beberapa orang mungkin menemukan bahwa membatasi garam membuat makanan terasa hambar.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak pilihan sehat lainnya untuk penyedap, seperti rempah-rempah, jus rempah-rempah dan jeruk yang bisa digunakan.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

6. Diet Mediterania

Diet Mediterania menekankan pada makan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan, minyak zaitun dan sedikit daging merah.

Manfaat diet mediterania

Diet ini sama seperti diet DASH di bawah ini, karena diet memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan beberapa penelitian telah menunjukkan diet mediterania ini mampu mengurangi serangan jantung fatal, stroke, kanker, Parkinson dan Alzheimer untuk orang yang mengikutinya.

Kekurangan diet mediterania

Tidak ada efek samping kesehatan jika melakukan diet mediterania. Beberapa item makanan yang dianjurkan seringkali memiliki harga yang mahal, terutama dibandingkan dengan makanan olahan pada umumnya.

Diet DASH, Diet Intermiten Fasting, Diet Keto, Diet Low-FODMAP, Diet Mediterania, Diet MIND, Diet Whole30, Tips Diet Sehat

7. Diet MIND

Diet MIND, yang merupakan singkatan dari Mediterranean-DASH Intervensi untuk Neurodegenerative Delay, dikembangkan di Rush University Medical Center, menggabungkan makanan dari diet Mediterania dan DASH. Ini berfokus pada 10 kelompok makanan yang mendukung kesehatan otak, termasuk sayuran berdaun hijau, beri, unggas, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

Manfaat diet MIND

Diet MIND terbukti bermanfaat bagi kesehatan otak dan melindungi dari demensia. Faktanya, diet MIND dapat membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer sebanyak 53% pada orang yang menjalankan diet dengan ketat, dan sekitar 35% pada mereka yang mengikutinya dengan cukup baik.

Ini juga dapat membantu memperlambat penurunan kognitif pada penderita stroke. Itulah alasan utama mengapa MIND berada di peringkat No. 5 dalam daftar diet terbaik selama tiga tahun berturut-turut.

Kekurangan diet MIND

Tidak ada risiko kesehatan dengan MIND, tetapi seperti diet Mediterania, makanan yang dibutuhkan untuk menjalankan diet ini memiliki harga yang mahal.

Menjalankan diet merupakan salah satu langkah jika ingin memperoleh tubuh ideal dan sehat. Tapi diet ini harus dilakukan dengan tahapan yang benar jika ingin sukses. Lebih baikAnda berkonsultasi kepada dokter ataupun ahli gizi untuk mendapatkan diet yang tepat. Itulah beberapa diet yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Written by Vanny Larissa

Tips diet keto untuk pemula

Tips Diet Keto Untuk Pemula, Terbukti Berhasil

Coba Produk Peeling Wajah Berikut, Dijamin Cantik!

Coba Produk Peeling Wajah Berikut, Dijamin Cantik!