in

Fakta-Fakta Tentang Ekstensi Bulu Mata(Eyelash Extension)

Anda merasa bulu mata Anda kurang lentik dan panjang? Berarti, Anda bisa mencoba untuk melakukan ekstensi bulu mata. Simak infonya berikut!

Fakta-Fakta Tentang Ekstensi Bulu Mata
(foto: brilistyle.brilio.net)

Apakah Anda pernah mengalami krisis kepercayaan diri dimana Anda merasakan bahwa bulu mata Anda kurang panjang dan lentik meskipun berkali-kali menggunakan maskara? Sebenarnya pakai bulu mata palsu sih bisa… tetapi, rasanya kok lain ya dibandingkan dengan mempunyai bulu mata yang sudah panjang, tebal, dan lentik dari sananya. Rasanya seperti kurang alami plus ribet pula saat Anda sedang terburu-buru.

Walaupun sudah menjepit bulu mata dan menggunakan maskara untuk melentikkannya, Anda pasti merasa bahwa waktu Anda banyak terbuang. Kalau sudah begini, mungkin Anda berpikir bagaimana caranya agar Anda bisa mendapatkan bulu mata cantik yang panjang, tebal, dan dan lentik dalam waktu sekejap. Jawabannya mudah: ekstensi bulu mata!

Sebelum mempertimbangkan untuk melakukan ekstensi bulu mata, kini Anda harus mengetahui dulu seluk-beluk ekstensi bulu mata (eyelash extension) seperti apa. Yuk disimak!

Jenis-jenis ekstensi bulu mata (Eyelash Extension)

Apa Dampak bagi Kesehatan Rutin Eyelash Extension?

Mungkin saat Anda membaca subheadline di atas, Anda jadi berpikir, sebenarnya ada berapa sih jenis ekstensi bulu mata yang ada saat ini? Sebenarnya, jenis-jenis ekstensi bulu mata itu sendiri ada banyak, akan tetapi ada tiga jenis ekstensi bulu mata yang paling umum, yaitu bulu mata sintetis, bulu mata sutra, dan bulu. Untuk ukurannya sendiri, biasanya ukuran tersedia mulai dari 6 mm hingga 17 mm. Setelah Anda memilih ukuran mana yang Anda inginkan, kemudian bulu mata akan diaplikasikan satu per satu menggunakan lem semi permanen yang diformulasikan khusus. Lem ini tidak akan mengiritasi mata atau merusak bulu mata alami. Namun, karena reaksi alergi dimungkinkan dapat terjadi, ada berbagai jenis lem yang bisa dipakai berdasarkan sensitivitas seseorang.

Lama untuk melakukan ekstensi bulu mata (Eyelash Extension)

Eyelash Extension: Hal yang Perlu Kamu Perhatikan!

Untuk melakukan ekstensi bulu mata, biasanya Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Efek ekstensi bulu mata dapat bertahan hingga sepanjang tahun, akan tetapi secara berkala setiap 3-4 minggu sekali, Anda harus re-touch untuk memperbaiki bulu mata Anda.

Seperti yang Anda ketahui, masing-masing orang memiliki bulu mata yang berbeda. Hal ini bergantung pada kondisi bulu mata alami Anda sendiri. Ahli bulu mata hanya dapat membuat ekstensi beberapa ukuran lebih panjang atau lebih tebal untuk memastikan bulu mata alami Anda lebih sehat, supaya tetap bisa bertahan lama. Mulailah dengan panjang yang cukup, jangan langsung dramatis karena akan sulit untuk mempertahankan bentuknya.

Selain itu, karena mata Anda tertutup selama ekstensi bulu mata dilakukan, lem tidak akan pernah masuk ke mata Anda. Namun, masih diperlukan upaya untuk menghindari iritasi dengan cara memastikan bahwa lem itu aman untuk mata Anda dan tidak mengandung apa pun yang dapat membahayakan mereka, seperti formaldehyde. Ingat pula bila Anda alergi terhadap lem, janganlah melanjutkannya.

Ahli bulu mata yang Harus Anda Cari

Anda tidak bisa sembarangan untuk mencari ahli bulu mata yang akan melakukan ekstensi pada bulu mata Anda. Karena, bila Anda salah, ekstensi bulu mata Anda bisa menyebabkan alopecia walaupun kemungkinannya kecil, di mana nantinya tempat bulu mata alami Anda dapat rontok akibat berat konstan dari ekstensi bulu mata berulang.

Hal ini biasanya diakibatkan oleh pengaplikasian dan perawatan yang buruk selama bertahun-tahun terhadap ekstensi bulu mata Anda tersebut. Akibatnya, bulu mata Anda akan rusak dalam jangka panjang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih ahli bulu mata dan salon ternama yang terbaik.

Anda juga harus memastikan ahli bulu mata Anda mencuci tangan, menggunakan sarung bantal sanitasi, mensterilkan pinset mereka, menggunakan pinset sekali pakai, menggunakan disposable sikat bulu mata, dan beberapa alat khusus lainnya. Selain itu, Anda juga perlu untuk menanyakan kepada salon tentang bahan-bahan dalam perekat bulu mata yang mereka gunakan.

Batalkan janji temu Anda bila mereka tidak dapat menjawab pertanyaan Anda. Dan jika mereka mengatakan lem tersebut mengandung formaldehyde (zat pengiritasi mata yang dikenal yang dapat menyebabkan kemerahan, iritasi, dan gatal, kelopak mata bengkak), membatalkan janji adalah pilihan yang sangat tepat. Lebih baik Anda memilih salon yang menggunakan lem butyl cyanoacrylate dan octyl cyanoacrylate.

Biaya untuk ekstensi bulu mata (Eyelash Extension)

Sebenarnya, biaya untuk melakukan ekstensi bulu mata dapat bermacam-macam, sesuai dari jumlah bulu mata yang ingin Anda ekstensi. Biasanya satu set berisi 70-80 bulu mata per mata. Untuk harganya, memang dibanderol cukup mahal, sekitar 1.7 juta hingga 7 juta rupiah. Anda juga harus memastikan untuk melakukan re-touch setiap 3-4 minggu sekali yang membutuhkan biaya 850.000 rupiah hingga 2.8 juta rupiah. Lagi-lagi, hal ini tergantung dari jumlah bulu mata yang Anda inginkan.

Yang perlu Anda perhatikan ketika sudah mendapatkan ekstensi bulu mata (Eyelash Extension)

The beauty salons you need to know for eyelash extensions in ...

Ketika Anda sudah mendapatkan ekstensi bulu mata, maka ekstensi Anda akan berlangsung selama enam hingga delapan minggu. Oleh karena itu, karena pertumbuhan bulu mata setiap orang cukup bervariasi, disarankan perawatan bulu mata Anda dilakukan setiap tiga hingga empat minggu untuk mempertahankan tampilan yang sempurna.

Kita tahu bahwa setiap ekstensi bulu mata melekat pada satu bulu mata. Oleh karena itu, mereka akan rontok secara alami seiring dengan siklus pertumbuhan alami setiap bulu mata. Anda harus berhati-hati terhadap ahli bulu mata Anda yang mungkin membuat ekstensi bulu mata Anda dari satu bulu mata sintesis untuk setiap empat bulu mata alami. Hal ini berbahaya, karena bisa membuat bulu mata Anda menjadi pecah dan rontok.

Selain itu, gunakan beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah ekstensi bulu mata Anda menjadi hancur, seperti berenang. Jauhkanlah air dari bulu mata Anda setidaknya selama 12 hingga 24 jam setelah pengaplikasian. Hal ini dikarenakan air dapat melemahkan perekat sebelum diatur dan menyebabkan bulu mata rontok.

Dan yang perlu diingat, bila Anda berencana mengenakan maskara setelah ekstensi bulu mata, Anda masih tetap bisa menggunakannya, namun penggunaannya di ujung ekstensi saja, dan pastikan Anda mengaplikasikannya secara perlahan. Anda tidak perlu khawatir bulu mata alami Anda akan menjadi rusak atau terluka saat menggunakan ekstensi bulu mata, asalkan Anda menerapkannya dengan benar. Pastikan saja tangan Anda tidak gatal untuk menggosok mata Anda atau menarik ekstensi karena ini dapat menyebabkan kehilangan bulu mata dan bahkan merusak bulu mata alami Anda.

Nah, itu dia sederetan fakta mengenai ekstensi bulu mata. Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum benar-benar memutuskan untuk melakukan ekstensi bulu mata, termasuk reaksi alergi yang Anda miliki dan biaya yang harus Anda keluarkan. Mengingat biayanya cukup besar, pikirkan masak-masak keuntungan yang akan Anda peroleh dari melakukan ekstensi bulu mata. Selain itu, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya mengenai salon dan ahli bulu mata yang akan melakukan ekstensi pada bulu mata Anda. Hal ini diperlukan untuk mencegah hal-hal berbahaya di masa depan. Selamat mencoba ya girls!

 

Written by Rhania

Trend Lipstik

Inilah 15 Lipstik Merah Terbaik Tahun 2020

Tips Detok/ Detoks Alami Terbukti Ampuh