in

Cara Menghilangkan Bruntusan yang Efisien, Wajib Coba!

Begini cara untuk menghilangkan bruntusan secara efisien, Anda pasti akan terpana dengan hasilnya yang luar biasa.

Inilah Rekomendasi Makeup Natural yang Wajib Dicoba!
(foto: beautyinsider.sg)

Coba tebak, masalah kulit apa yang sama menyebalkannya dengan jerawat meradang dan komedo? Jawabannya: bruntusan. Jujur deh, mempunyai permukaan wajah yang bruntusan itu sepuluh kali bikin mood Anda anjlok sepuluh kali lipat daripada kehabisan barang diskonan bukan?

Bruntusan dalam keadaan normal mungkin tidak berbahaya dan hanya mengganggu penampilan, akan tetapi sayangnya beberapa jenis bruntusan dapat membuat wajah Anda terasa perih, gatal, dan tidak nyaman saat Anda mulai menghasilkan keringat. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, bruntusan sendiri lebih banyak dipengaruhi oleh kebersihan yang kurang.

Hm… sayangnya, bruntusan tidak hanya dipengaruhi oleh faktor kebersihan. Sejumlah ahli kecantikan menyatakan bahwa bruntusan juga bisa dikarenakan adanya faktor gangguan kulit lainnya, seperti timbulnya jerawat, komedo, milia, kutil, eksim, dan masih banyak lagi. Tetapi, jangan keburu panik! Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma alias masih ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau setidaknya mengurangi bruntusan yang ada di wajah Anda. Tampil cantik tanpa bruntusan, siapa takut? Berikut cara menghilangkan bruntusan yang efektif, kami rangkum untuk Anda!

Langkah pertama: prioritaskan deep cleansing

Deep cleansing adalah kunci utama agar Anda berhasil mendapatkan kulit mulus bebas bruntusan yang mengganggu. Deep cleansing bekerja secara intens hingga ke dalam pori-pori, jadi Anda bisa mengucapkan selamat tinggal deh kepada clogged pores! Tambahan, Anda juga disarankan untuk menggunakan alat bantu seperti sponge saat melakukan deep cleansing, supaya pengaplikasian lebih mudah dan bekerja secara maksimal.

Langkah kedua: lanjutkan perawatan intens dengan double cleansing

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, memangnya kenapa sih double cleansing sebegitu pentingnya? Bila Anda habis bepergian dari luar, Anda pasti sering mendapatkan tisu atau kapas yang Anda gunakan untuk menyeka wajah begitu kotor, padahal Anda belum mencuci muka sama sekali. Dalam hal ini, double cleansing sangat berperan penting dalam membersihkan wajah secara menyeluruh. Biasanya, kalau Anda mencuci wajah hanya sekali, masih ada kotoran dan debu-debu yang menyisa di wajah Anda. Tetapi, double cleansing bisa meminimalisir resiko tersebut, apalagi jika first cleanser Anda berbahan dasar minyak yang bekerja maksimal untuk membersihkan kotoran. Anda bisa menggunakan first cleanser dengan oil-based, water-based, atau gel cleanser. Kemudian, Anda lanjutkan dengan mencuci kembali wajah menggunakan face wash favorit Anda.

Langkah ketiga: exfoliating, exfoliating, exfoliating

Langkah ketiga ini juga merupakan kunci penting dalam menghilangkan bruntusan, lho. Eksfoliasi wajah sangat berperan penting dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan kandungan minyak yang berlebihan, di mana kedua komponen ini rupanya menjadi salah satu penyebab besar dalam menimbulkan bruntusan.

Anda disarankan untuk menggunakan produk eksfoliasi dengan kandungan salicylic acid. Mengapa? Salicylic acid merupakan salah satu zat yang mempunyai kapabilitas tinggi dalam pengangkatan sel kulit mati, mengurangi minyak berlebih, dan mempunyai kelebihan yang baik dalam menembus pori-pori kulit Anda! Tetapi, jangan terlalu sering menggunakan produk eksfoliasi, salah-salah nanti kulit Anda malah kering kerontang dan teriritasi. Cukup gunakan produk eksfoliasi Anda seminggu 1-3 kali sekali, tergantung dari jenis kulit Anda.

Langkah keempat: toner merupakan skin care wajib sebelum menggunakan skin care lain

Toner sebenarnya merupakan skin care yang multifungsi, Anda bisa menggunakannya sebelum memakai make up dan Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan make up. Beberapa toner bahkan dapat Anda gunakan untuk pelembap wajah. Dalam hal ini, toner dapat mengurangi bruntusan karena kemampuannya yang mengagumkan dalam membersihkan sisa-sisa make up Anda sekaligus menyeimbangkan pH di wajah.

Langkah kelima: jangan melupakan serum wajah!

Seperti yang kita ketahui, serum merupakan skin care yang mengandung bahan aktif dan mampu mengatasi masalah-masalah kulit secara khusus, termasuk bruntusan. Gunakanlah serum yang nyaman dan terasa sejuk di kulit Anda, dan aplikasikan serum setiap sebelum tidur maupun di pagi hari sebelum Anda mengenakan make up.

Langkah keenam: pelembap harus menjadi daftar wajib skin care Anda

Ya, ya.. Anda pasti sudah berkali-kali mendengar betapa pelembap adalah skin care esensial yang harus Anda gunakan setiap hari. Kulit yang berminyak sangatlah rentan bruntusan, sehingga Anda bisa menggunakan pelembap wajah yang sesuai untuk kulit Anda agar bruntusan tersebut cepat hilang. Pelembap berperan penting dalam mencegah bruntusan karena pelembap mampu menghidrasi kulit secara optimal, dan mengurangi kerja kulit yang berlebihan. Bila kerja kulit berlebihan, bruntusan cenderung akan lebih mudah muncul.

Langkah ketujuh: pakai masker secara rutin

Apapun itu masker Anda, sebaiknya gunakan masker secara berkala, sekitar 2-3 minggu sekali. Akan lebih bagus bila anda menggunakan masker berbahan dasar daun teh hijau ataupun lidah buaya yang efektif menghilangkan bruntusan pada wajah. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami, sheet mask, dan jenis-jenis masker lainnya sebelum Anda tidur. Bila kulit Anda sensitif, hindari peel-off mask karena akan mudah mengiritasi kulit Anda.

Langkah kedelapan: gunakan make up seperlunya

Coba ingat-ingat, seberapa sering Anda mengaplikasikan make up tanpa memperhatikan kebersihannya dengan baik? Make up sangatlah membuat penampilan menjadi lebih oke, akan tetapi jangan lupakan juga kebersihannya! Bersihkanlah kuas dan sponge Anda secara berkala, karena bakteri yang ada akan membuat kulit Anda bruntusan.

Langkah kesembilan: jangan gonta-ganti produk kecantikan

Ini dia penyakit kita yang mencintai make up dan skin care: suka coba-coba produk baru! Tidak salah sih memang, siapa tahu kita bisa menemukan produk yang benar-benar cocok untuk kita. Tetapi, kalau tidak cocok? Salah-salah nanti wajah malah bruntusan, atau yang lebih parah wajah jadi breakout. Mending kalau sudah cocok dengan salah satu produk kecantikan, pakai itu saja deh. Atau kalau memang penasaran juga, cobalah dalam kadar yang sedikit dan dalam interval yang jauh, supaya kulit Anda tidak ‘kaget’.

Coba Cek Dapur Anda dan Temukan Bahan-Bahan Alami Ini

Bahan-bahan dari alam memang mengandung banyak khasiat yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Pasti Anda ingat seberapa sering Anda diberi tanaman apotek hidup di kebun belakang rumah Anda oleh ibu karena Anda sering masuk angin? Tidak hanya berperan penting dalam kesehatan, sumber daya alam mampu memberikan manfaat keren dalam dunia kecantikan dan mengatasi segala masalah kulit, misalnya bruntusan. Coba saja salah satunya, dan nikmati hasil yang memuaskan!

Teh Hijau

Cara Menghilangkan Bruntusan yang Efisien, Wajib Coba!
(foto: magazine.job-like.com)

Untuk menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bruntusan, Anda dapat meminumnya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi masker. Anda bisa mencampurkan beberapa sendok teh hijau, beberapa sendok madu, dan sedikit minyak esensial dan aplikasikan di wajah Anda selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan pencuci wajah favorit Anda seperti biasa.

Madu

Cara Menghilangkan Bruntusan yang Efisien, Wajib Coba!
(foto: womenshealthmag.com)

Madu rupanya tidak hanya lezat dan nikmat untuk dikonsumsi, tetapi juga mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti bruntusan. Anda bisa mengaplikasikan madu ke wajah Anda dengan cara mencuci wajah Anda lebih dahulu. Kemudian, aplikasikan madu ke seluruh wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih dan keringkan wajah Anda dengan handuk bersih.

Lemon

Cara Menghilangkan Bruntusan yang Efisien, Wajib Coba!
(foto: medicalnewstoday.com)

Diperkaya dengan vitamin C dan sejumlah nutrisi yang lain, lemon mampu memberikan manfaat maksimal untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Tetapi, jangan gunakan lemon bagi Anda yang berkulit kering ataupun sensitif, karena nanti kulit Anda malah kering dan teriritasi. Anda bisa mencampur lemon dan madu, kemudian aplikasikan di wajah. Setelah itu diamkan saja selama 15-20 menit dan cuci wajah hingga bersih.

Buah tomat

Cara Menghilangkan Bruntusan yang Efisien, Wajib Coba!
(foto: healthline.com)

Tidak hanya bergizi untuk sayur, akan tetapi buah tomat juga mampu membuat kulit Anda mulus tanpa bruntusan! Anda bisa memblender tomat terlebih dahulu, campurkan dengan madu dan susu, lalu aplikasikan di wajah hingga merata. Diamkan  selama 15-20 menit, lalu cuci hingga bersih.

Written by Rhania

Gambar Samarkan Komedo

Cara Mudah Menyamarkan Komedo, Dijamin Berhasil!