in

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!

Pernahkah Anda merasa bahwa diet Anda gagal dan malah berat badan Anda jadi naik? Mungkin cara diet Anda salah dan perlu diubah.

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!
(foto: aarp.org)

Mungkin Anda pernah merasakan ketika Anda sedang susah-susahnya berdiet dan rasanya Anda memakan waktu lama sekali untuk melihat progressnya… ternyata hasilnya tidak sesuai harapan, malah sebaliknya! Tubuh ramping indah nan ideal yang menjadi impian Anda ternyata tidak menjadi kenyataan, yang ada malah berat badan bertambah. Anda mungkin akan merasa panik dan menjadi tidak semangat untuk melanjutkan diet, bukan?

Kalau sudah begitu, tetap angkat dagu dan jangan patah semangat! Tidak ada yang salah kok dari niat Anda tersebut. Mungkin saja cara diet Anda masih salah dan perlu diperbaiki pola diet yang benar. Pasalnya, diet bukan hanya tentang mengurangi kalori dan olahraga mati-matian hanya demi menurunkan berat badan. Anda juga perlu sehat, ya!

Nah, daripada kebingungan, kami telah menyediakan beberapa tanda bahwa diet yang Anda lakukan ternyata salah.

Simak baik-baik dan bila kamu selama ini cara diet salah, segera perbaiki! Ini dia..

  • Menganggap lemak adalah ‘musuh terbesar’ dan menghindarinya secara total

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!
(foto: magufoods.com)

Ya, ya… memang mungkin sebagian besar dari kita merasa bahwa lemak adalah zat utama yang harus dihindari saat sedang berdiet. Mendengar kata lemak saat sedang berdiet rasanya menjadi hal yang dosa, apalagi apabila Anda sedang kumpul-kumpul bersama teman-teman di akhir pekan dan teman-teman Anda tersebut mengajak Anda untuk rehat di akhir minggu dengan berpesta dan mengonsumsi lemak secara meriah.

Padahal, Anda sangat memerlukan lemak untuk asupan harian Anda, termasuk bila Anda sedang berdiet. Anda setidaknya membutuhkan sedikit lemak untuk membuat kebutuhan fungsional tubuh Anda berfungsi. Lemak yang sehat seperti minyak zaitun bisa membuat rambut Anda berkilau, kulit lebih bercahaya, serta membantu sistem pencernaan.

Untuk mengakali supaya diet Anda tidak gagal karena lemak, Anda bisa menambahkan lemak dalam asupan harian Anda dengan mendapatkannya dari buah alpukat, aneka kacang, dan berbagai dressing berbasis minyak, seperti minyak zaitun. Dan tentunya, konsumsi dalam porsi yang memang sudah ditentukan, ya!

  • Menolak dengan keras makanan penutup

Cake lezat - cara diet salah
(foto cake: referensi dari parade.com)

Oke.. kami mengerti betul akan niat dan tekad Anda yang kuat untuk tidak mendapatkan kalori tambahan dari makanan penutup. Tetapi, rupanya beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dark chocolate sebagai dessert yang lezat tidak membuat berat badan Anda bertambah. Hal ini diduga karena cokelat tersebut kaya akan flavanol polifenol yang rupanya ampuh untuk mempengaruhi lemak dan karbohidrat terserap dalam tubuh, sehingga mendukung penurunan berat badan yang signifikan.

Untuk mengontrol makanan penutup Anda agar tidak melebihi batas yang ditentukan untuk Anda berdiet, Anda bisa menggunakan dark chocolate sebagai makanan penutup. Tukarlah permen manis Anda yang lucu-lucu dengan satu atau dua dark chocolate berbentuk persegi. Usahakan mengonsumsi dark chocolate yang gelap karena mengandung lebih banyak cokelat dan sedikit gula.

  • Tidak makan dalam porsi yang cukup

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!
(foto: porsi kecil referensi fatgirlskinny.com)

Ini juga merupakan salah satu tanda bahwa diet yang Anda jalani rupanya salah. Ketika Anda sudah berniat untuk melakukan program diet untuk menurunkan berat badan, memang masuk akal untuk mengonsumsi lebih sedikit kalori, karena setidaknya secara teori, itu dapat membuat penurunan kalori yang juga menghasilkan penurunan berat badan. Masalahnya, menurut seorang dokter bernama Dr. Lutwig, cara ini sepenuhnya mengabaikan bagaimana biolog mempengaruhi berat badan.

Ketika Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit kalori, maka metabolisme Anda akan lebih lambat. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat bahan bakar Anda untuk beraktivitas. Sementara itu, perut Anda juga akan terasa lapar terus menerus, otak berkabut, mata buram, dan rasanya lemas hingga melayang-layang. Nah, daripada Anda memulai untuk mengonsumsi sesedikit mungkin kalori yang Anda bisa, lebih baik buatlah satu perubahan kecil yang dapat mengurangi kalori di setiap minggunya. Jangan siksa diri Anda sendiri.

  • Anda hanya sibuk menghitung kalori

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!
(foto: hitung kalori referensi healthyeaton.com)

Kami mengerti bagaimana Anda sangat ingin menghitung kalori agar asupan kalori Anda sehari-hari tidak melebihi sebagaimana yang Anda inginkan. Akan tetapi, masalahnya adalah tidak ada seorang pun yang sepertinya mampu untuk memperkirakan secara akurat tentang berapa banyak kalori yang rupanya dibakar oleh tubuh mereka dan berapa banyak kalori yang mereka makan. Ini jelas-jelas merupakan fakta, sehingga kata ‘kalori’ rasanya seperti khayalan.

Daripada sibuk menghitung kalori yang belum tentu akurat, lebih baik anda berfokus pada kualitas makanan yang akan dan sedang Anda konsumsi. Biarkan saja tubuh Anda menghitung sendiri. Semangkuk mengisi gandum gandum, misalnya, akan memuaskan Anda lebih dari sekadar sereal sereal 100 kalori setiap kali – bahkan jika gandum itu mengandung lebih banyak kalori. Dan kepuasan adalah apa yang akan menghemat kalori Anda, Anda tidak akan kelaparan dan ngemil lebih banyak di kemudian hari, dan berkontribusi pada penurunan berat badan dalam jangka panjang, bukan hanya penurunan berat badan dalam jangka pendek.

  • Anda menganggap buah sebagai ‘freebie’

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!
(foto: buah referensi medicalnewstoday.com)

Banyak sekali metode-metode diet modern masa kini yang sering memberi kesan bahwa  mengonsumsi produk dalam jumlah tak terbatas itu tidak masalah. Dan seringnya pula, banyak sekali iklan yang seakan membuat masyarakat menjadi kehilangan keraguan bahwa permen alami lebih sehat daripada permen-permen. Misalnya buah, yang ternyata di dalamnya mengemas sejumlah besar gula dan kalori. Sebenarnya, tidak ada yang mengatakan hal tersebut adalah pikiran yang salah untuk mengonsumsi buah, yang sebenarnya banyak mengandung antioksidan dan serat, yang bermanfaat untuk membantu Anda kenyang. Tetapi sebagian besar ahli sepakat Anda lebih baik makan semangkuk sayuran yang banyak daripada yang penuh anggur, yang dapat mengandung kalori hampir dua kali lebih banyak daripada, katakanlah, brokoli.

Untuk mengatasinya, Anda lebih baik mengemil sayur daripada buah. Dan Anda lebih baik mengonsumsi buah daripada ketipik dan makanan ringan lainnya. Hal ini akan mencegah Anda dari overeating saat sedang mengemil.

  • Menghindari karbohidrat sejauh mungkin

Ternyata Begini Cara Diet yang Salah, Hati-Hati!
(foto: roti dan gandum referensi healthline.com)

Jangan sekali-sekali menganggap karbohidrat jahat, ya. Masalah yang mungkin Anda hadapi adalah, bahkan sayur-mayur yang Anda kagumi saat berdiet itu mempunyai karbohidrat. Dan layaknya semua makanan sehat yang mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat adalah sarana transportasi untuk makanan-makanan sehat Anda serta serat yang akan membuat Anda merasa lebih berenergi. Jadi, jangan takut dengan karbohidrat!

Akan tetapi, Anda perlu untuk mempertimbangkan jenis karbohidrat yang Anda konsumsi. Mungkin Anda sudah tahu bahwa biji-bijian utuh adalah yang terbaik, tetapi Anda ingin memakannya dalam bentuk paling alami. Dan meskipun produk seperti roti gandum mengandung serat, Anda akan mencernanya lebih cepat daripada gandum utuh karena strukturnya sudah terganggu. Itu berarti oatmeal adalah pilihan yang lebih baik daripada roti gandum atau sereal yang dibuat dari gandum utuh. Dan quinoa atau beras merah sudah jelas lebih baik daripada pasta gandum untuk pilihan karbohidrat sehari-hari Anda.

Nah, itu dia sederetan tanda mengenai diet Anda yang salah, jangan diulangi ya, dan ingat selalu usahakan menggunakan cara diet yang benar agar dietnya sehat dan permanen hasilnya

Perlu diingat, selain untuk menurunkan berat badan, Anda harus tetap memerhatikan kesehatan dan nutrisi untuk tubuh Anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Written by Rhania

Contek Cara Menghilangkan Jerawat Berikut, Super Simpel!

Contek Cara Menghilangkan Jerawat Berikut, Super Simpel!

Contek Sejuta Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Ini

Contek Sejuta Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan Ini