in

Begini Cara Menyamarkan Bekas Luka dengan Make Up

Anda mempunyai luka di wajah dan bingung bagaimana cara menutupinya?Simak tipsnya berikut ini

Begini Cara Menyamarkan Bekas Luka dengan Make Up
(foto: purewow.com)

Apakah Anda pernah atau sedang mengalami luka di wajah? Mungkin Anda pernah mengalaminya, mulai dari luka gores ketika Anda masih kecil, luka gores karena tercakar kucing peliharaan kesayangan Anda, luka karena jerawat.. ya, itu semua mungkin pernah Anda alami. Tetapi, pernahkah Anda membayangkan bila luka tersebut nantinya justru akan sangat mengganggu penampilan Anda ketika Anda hendak menghadiri suatu acara tertentu?

Jangan terburu-buru panik dan khawatir, Anda masih tetap bisa tampil flawless dan mengagumkan saat sedang menghadiri acara-acara super keren, kok! Kuncinya: make up! Make up mampu menyamarkan noda-noda hitam di wajah Anda, luka-luka ringan di wajah, keriput di wajah, dan masih banyak lagi. Yang penting, Anda harus tetap pede.

Nah, sekarang Anda mesti bernapas lega karena ada sederetan langkah berikut yang bisa membantu menyamarkan noda dan luka di wajah Anda. Yuk disimak!

  • Pastikan wajah Anda bersih dan fresh
Ilustrasi cuci muka bersih
Ilustrasi bersihkan wajah dengan cleanser

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara memastikan kulit wajah Anda sedang dalam keadaan bersih, terhidrasi, dan fresh. Hal ini sangatlah diperlukan, mengingat keadaan kulit wajah Anda yang seperti ini dapat memberikan make up Anda awal yang bagus untuk menciptakan permukaan make up yang mulus dan flawless.

Jangan pernah menganggap pelembap hanya diperuntukkan bagi para pemilik kulit kering, ya! Bahkan, si pemilik kulit berminyak pun harus tetap menggunakan pelembap agar kulitnya tetap terjaga kelembapannya. Cobalah beberapa produk pelembap wajah yang berkualitas dan sesuai dengan kulit wajah Anda, dan sesuaikan teksturnya dengan wajah Anda.

  • Aplikasikan primer di wajah Anda
primer makeup wanita
Ilustrasi Pemakaian Primer

Setelah menggunakan pelembap di wajah, ini saatnya Anda memulai langkah make up pertama menggunakan primer. Aplikasikan primer menggunakan jari-jari tangan Anda, gunakan primer tersebut untuk memperbagus tekstur make up Anda. Hal ini sangatlah dibutuhkan untuk memastikan agar kulit Anda tetap halus, lembut, dan make up Anda tahan seharian dan tetap terlihat ‘menonjol’. Jangan lupa, gunakanlah primer yang sesuai dengan tone kulit Anda dan aplikasikan beberapa menit sebelum Anda melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu foundation.

  • Aplikasikan concealer di area-area wajah yang mempunyai banyak daerah luka
Ilustrasi pemakaian concealer di wajah
Ilustrasi pemakaian concealer di wajah

 

Ini dia tahap yang paling penting dalam proses penyamaran luka yang Anda dapatkan. Concealer dapat menyamarkan luka Anda dengan sempurna, membuat tampilan wajah Anda dalam sekejap hilang dari luka-luka yang Anda khawatirkan. Aplikasikan concealer dalam jumlah yang cukup banyak dan berlapis-lapis untuk memberikan coverage yang penuh. Hal ini perlu Anda gunakan supaya concealer Anda mampu menutupi seluruh luka Anda.

  • Baurkan concealer dengan pelan-pelan menutulnya
Ilustrasi Cara Pemakaian Concealer
Ilustrasi Cara Pemakaian Concealer

Setelah Anda merasakan kadar concealer yang Anda gunakan sudah cukup, maka selanjutnya Anda harus membaurkannya dengan merata. Gunakan jari-jari tangan Anda dan secara perlahan, tutulkan concealer tersebut hingga merata dan menutupi luka-luka Anda. Tekan pelan-pelan concealer Anda dan baurkan hingga menutupi luka. Yang perlu diingat, jangan gosok keras-keras, karena hal itu malah akan memberikan hasil yang tidak diinginkan. Selain itu, nantinya hal itu bisa memungkinkan munculnya luka baru. Nggak mau kan muncul luka baru ketika Anda sedang berniat untuk menutupi luka yang sudah ada? Jadi, jangan sembarangan asal gosok-menggosok luka Anda ya, nanti hasilnya tidak bagus.

  • Gunakan make up untuk area bawah mata Anda
concealer bawah mata
Gunakan Concealer di bawah mata 

Setelah mengaplikasikan concealer, biarkan make up Anda melakukan proses penyatuan dengan sendirinya. Hal ini sangat diperlukan supaya kulit Anda bisa memberikan tampilan make up yang maksimal. Sembari menunggu make up Anda menyatu dengan sempurna, ambil concealer yang berbeda, kemudian gunakan secukupnya untuk menutupi gelapnya area bawah mata Anda. Hal ini akan meningkatkan performa dan tampilan make up Anda, sehingga tidak begitu kontras dengan tone area kulit wajah Anda yang lain.

  • Lakukan blotting untuk base make up
Wajah berminyak gunakan minyak kertas
Wajah berminyak gunakan minyak kertas

Meskipun Anda harus mengaplikasikan concealer tebal-tebal di area luka Anda, bukan berarti kami membiarkan make up Anda terlihat seperti topeng. Triknya adalah, Anda bisa melakukan blotting menggunakan tisu. Tisu ini bisa Anda gunakan untuk menyerap kelebihan sisa-sisa make up. Caranya sangatlah mudah, yaitu pelan-pelan tekan selembar tisu di wajah Anda secara berkali-kali. Lakukan berulang hingga Anda mendapatkan tampilan make up yang natural dan sesuai dengan keinginan Anda.

  • Gunakan stippling brush berkualitas untuk mengaplikasikan foundation bertekstur cair
Gunakan kuas untuk mengoles foundation cair
Gunakan kuas untuk mengoles foundation bentuk cair

Walaupun langkah-langkah sebelumnya menggunakan produk yang bisa Anda aplikasikan dengan hanya menyapukan jari-jari tangan Anda ke wajah, akan tetapi stippling brush akan menyempurnakan sekaligus menawarkan coverage terbaik untuk memberikan hasil yang super flawless dan natural tanpa harus terlihat seperti topeng. Stippling brush ini bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan foundation bertekstur cair.

Aplikasikan foundation bertekstur cair milik Anda, kemudian gunakan stippling brush Anda untuk mengaplikasikannya ke wajah Anda. Anda bisa melakukannya dengan cara melakukan gerakan menutul, sehingga Anda bisa mendapatkan coverage tanpa menyapukannya ke atas lapisan concealer yang sudah Anda aplikasikan sebelumnya. Simpel, bukan?

foto bedak wanita
Gunakan Bedak untuk menutupi luka yang kelihatan

Anda sudah menyelesaikan tahap-tahap coverage untuk menutupi luka Anda dengan sempurna, kini saatnya Anda men-set make up Anda supaya lebih tahan lama dan terlihat natural. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana carany men-set make up secara baik dan benar. Caranya sederhana, gunakan saja bedak!

Setelah menunggu beberapa menit setelah make up Anda selesai, aplikasikan bedak Anda ke wajah. Apapun jenis bedak Anda, baik bedak compact ataupun bedak tabur, dua-duanya bisa Anda gunakan untuk melakukan setting make up ini. Men-set make up Anda dengan bedak sangatlah diperlukan untuk memastikan make up Anda bisa bertahan lama sepanjang hari. Bila Anda menggunakan bedak tabur, gunakan brush bedak yang besar agar lebih mudah dan merata dalam menyebarkannya.

Gunakan set spray untuk tampil lebih segar
Gunakan set spray untuk tampil lebih segar

Jangan berharap tampilan make up Anda akan natural sempurna bila Anda melewatkan tahapan yang satu ini, setting spray! Gunakan setting spray setelah make up Anda selesai. Akan lebih baik bila setting spray Anda tersebut mengandung SPF, sehingga And tidak perlu menggunakan sunscreen.

Setting spray tidak hanya akan membantu make up Anda bertahan lama, akan tetapi setting spray juga mampu menghilangkan kesan topeng atau kesan ‘berat’ yang ada pada make up Anda. Setelah itu, jangan lupa gunakan lisptik kesayangan Anda, dijamin tampilan Anda akan naik begitu pesat!

Nah, itu dia sederetan langkah untuk menyamarkan bekas luka dengan make up. Tahapan-tahapan tersebut bisa Anda tiru dan gunakan dalam membantu Anda menutupi luka Anda. Seperti biasa, sesuaikanlah produk-produk yang akan Anda gunakan dengan jenis kulit dan warna kulit Anda. Gunakan juga produk-produk tersebut secukupnya dan sesuai dengan komposisi, agar tampilan wajah Anda tetap natural.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya cantik!

 

Written by Rhania

Fakta-Fakta Seputar Hair Extensions yang Perlu Anda Tahu

Fakta-Fakta Seputar Hair Extensions yang Perlu Anda Tahu

Malas Pakai Bedak Karena Wajah Jerawatan? Coba 12 Bedak Anti Jerawat Terbaik Ini!