in

10 Bahan Alami Ampuh Mengatasi Wajah Berminyak, Wajah Kembali Segar!

Sering tidak percaya diri karena wajah berminyak? Atasi saja dengan berbagai bahan alami di dekat Anda!

Wajah berminyak adalah salah satu permasalahan yang bisa terjadi pada siapa saja, baik remaja ataupun orang tua. Penyebab wajah berminyak pun beragam, misalnya saja karena faktor genetik, kosmetik yang tidak cocok, sering lupa membersihkan wajah, dan masih banyak lagi.

Tentunya masalah waja berminyak ini tidak boleh disepelekan karena memicu timbulnya jerawat. Selain itu, minyak pun akan menghapus makeup yang menyebabkan wajah terlihat kusam. Terbayang kan betapa fatalnya akibat dari wajah berminyak?

Kabar baiknya, untuk mengatasi wajah berminyak ini tidak selalu makan banyak biaya lho! Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami di sekitar yang harganya terjangkau dan tidak membuat kantong bolong.

Nah berikut adalah cara alami mengatasi minyak berlebih pada wajah yang bisa Anda coba:

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu tanaman yang punya banyak manfaat, termasuk untuk mengatasi wajah berminyak. Tingginya kandungan vitamin A, C, serta E berfungsi untuk menangkal serangan radikal bebas sehingga wajah tidak akan menjadi kusam.

Selain itu, lidah buaya juga kaya akan kandungan zat alosein yang mampu menghambat produksi melanin sehingga  wajah teta terlihat cerah. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya pun mudah, di mana Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke wajah dan mendiamkannya sekitar 15 menit.

Tentunya Anda perlu menunggu masker lidah buaya ini hingga kering sebelum membilasnya supaya manfaat yang didapat bisa maksimal. Masker lidah buaya ini bisa Anda gunakan setiap hari dan aman untuk semua tipe kulit, lho!

Kacang Almond

(source: Pexels)

Siapa yang suka dengan kacang almond? Almond memang dikenal sebagai salah satu kacang yang bermanfaat, termasuk untuk menjaga kesehatan wajah dengan mengurangi minyak berlebih. Selain itu, almond juga terbukti efektif mampu mengangkat sel kulit mati dari wajah.

Membuat masker almond pun terbilang cepat karena Anda hanya perlu menumbuk kacang ini hingga halus. Anda pun hanya membutuhkan sekitar 2 sendok makan almond bubuk untuk digunakan dalam sekali perawat. Setelahnya, Anda hanya perlu menunggu masker almond ini hingga mengering sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Pepaya

Bukan hanya dikenal akan rasanya yang manis, pepaya juga bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan wajah. Pepaya kaya akan kandungan enzim papain yang berfungsi untuk mengurangi penumpukan lemak dan minyak berlebih pada wajah. Kandungan inilah yang membuat wajah akan terlihat cerah sekaligus terasa segar sepanjang hari.  

Untuk mendapatkan manfaat pepaya, Anda hanya perlu menghaluskannya sebagai masker dan bisa digunakan setiap dua hari sekali. Apabila Anda tidak punya waktu untuk menghaluskannya, mengoleskan potongan pepaya ke wajah juga sudah cukup kok!

Pisang

Selain nikmat disantap sebagai makanan, pisang juga terbukti efektif untuk meminimalisir datangnya jerawat yang hanya akan mengganggu penampilan. Tentunya rahasia pisang ada pada kandungan potassium-nya yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan natrium sehingga produksi minyak pada wajah pun tetap pada batas normal.

Untuk mendapatkan manfaat pisang, pertama-tama Anda perlu menghaluskan pisang hingga siap digunakan sebagai masker. Sebaiknya Anda tidak memilih pisang yang terlalu matang karena kandungan potasiumnya yang sudah berkurang.

Masker pisang ini aman untuk digunakan setiap dua hari sekali hingga Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Bengkoang

Buah yang sering disajikan pada sepiring rujak ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi minyak berlebih pada wajah. Tingginya kandungan vitamin B dan C pada bengkoang berfungsi untuk menjaga kesegaran wajah sepanjang hari sekaligus mengurangi produksi minyak berlebih.

Agar bisa cepat mendapatkan manfaat dari bengkoang, Anda bisa menggunakan masker bengkoang ini setiap hari. Jangan lupa untuk membilas masker bengkoang dengan air basah supaya wajah kembali bersih, ya!

Madu

(source: pexels)

Madu adalah salah satu bahan alami yang punya sejuta manfaat untuk Anda, termasuk mengatasi wajah berminyak. Tingginya kandungan anti-bakteri serta antiseptik pada madu inilah yang mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaat madu pun terbilang mudah, yaitu Anda hanya perlu mengoleskan selapis tipis madu ke wajah. Setelahnya, Anda perlu menunggu madu sekitar 10 menit hingga mengering lalu dibilas dengan air hangat.

Masker madu ini aman untuk Anda gunakan setiap hari lho!

Oatmeal

Siapa bilang oatmeal hanya bisa Anda konsumsi untuk memulai pola hidup sehat? Justru sebaliknya, oatmeal masih punya banyak manfaat lain yang masih jarang diketahui orang, termasuk mengatasi wajah berminyak.  

Untuk membuat masker oatmeal, Anda hanya perlu menumbuknya hingga halus lalu mencampurnya dengan satu sendok makan madu. Masker oatmeal ini hanya perlu dioleskan tipis ke seluruh permukaan wajah lalu tunggu hingga kering sekitar 15 menit. Jangan lupa untuk membersihkannya dengan air hangat supaya kotoran bisa terangkat dengan maksimal.

Selain mengurangi minyak berlebih pada wajah, masker oatmeal ini juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat lebih cerah hanya dalam hitungan hari!

Alpukat

Kandungan lemak yang tinggi inilah yang membuat alpukat juga ampuh untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Selain diolah sebagai masker, mengonsumsi alpukat secara rutin juga sudah cukup menjaga kesehatan wajah lho!

Putih Telur

Sering diolah sebagai suatu hidangan, ternyata putih telur juga punya banyak manfaat terkait perawatan wajah, terlebih untuk mengurangi minyak berlebih. Putih telur terbukti mampu mengecilkan pori-pori sehingga minyak pun tidak akan muncul ke permukaan wajah secara berlebihan.

Ketika membuat masker putih telur, sebaiknya Anda mencampurnya dengan lemon agar proses pengangkatan minyak berlebih bisa lebih maksimal. Seperti membuat masker sebelumnya, Anda perlu mencampur kedua bahan ini hingga rata sebelum dioleskan ke seluruh permukaan wajah.

Perlu diingat jika masker putih telur dan lemon ini tidak disarankan untuk tipe kulit sensitif karena tingginya kandungan asam pada lemon. Masker putih telur ini pun hanya cukup dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Tomat

Buah yang dikenal akan warna merahnya yang khas ini juga bisa mengurangi minyak berlebih pada wajah karena tingginya kandungan asam salisilat. Tomat juga mampu membersihkan pori-pori sampai ke akarnya sehingga tidak akan ada lagi komedo yang akan mengganggu penampilan.

Bagian tomat yang digunakan untuk masker adalah bagian sarinya saja sehingga hasilnya pun bisa lebih optimal daripada menyertakan bagian kulitnya. Anda bisa mencampurkan sari tomat dengan gula yang juga berfungsi eksfoliator kulit, alias mampu mengangkat kotoran pada kulit.

Masker tomat yang sudah dioleskan ke seluruh permukaan wajah pun hanya perlu didiamkan selama sekitar 5 menit hingga mengering. Setelahnya, Anda hanya perlu membilas wajah dengan air hangat supaya wajah kembali bersih.

 

Nah, ternyata mengatasi minyak berlebih di wajah tidak sesulit yang dibayangkan kan? Perlu Anda ingat jika hasil dari penggunaan bahan alami ini cenderung membutuhkan waktu yang lumayan lama, setidaknya dua minggu atau lebih.

Namun tidak ada salahnya untuk merawat wajah dengan berbagai bahan alami agar wajah sehat dan segar sepanjang hari, kan? Yuk segera manfaatkan berbagai bahan alami untuk merawat wajah mulai sekarang!

 

Written by Hapsari Listya

Manfaat Botox dan Fakta-Faktanya, Cek Infonya!

Manfaat Botox dan Fakta-Faktanya, Cek Infonya!

13 Lipstik Lokal Terbaik yang Siap Membuat Bibir Menjadi Lebih Berwarna!